Mengapa Langit Berwarna Biru?

photo by willa excel
Photo by : Willa Excel
      Mengapa langit berwarna biru? Walaupun terkadang langit berwarna kuning, merah, bahkan hitam pada malam hari, tapi langit lebih sering terlihat berwarna biru. Bahkan juga di beberapa lagu dan puisi langit disebutkan berwarna biru.

       
Cahaya matahari yang masuk ke bumi akan terdispersi, yaitu proses penguraian warna 
polikromatik (putih) menjadi warna monokromatik (merah, jingga, kuning, dll) pada prisma lewat pembiasan atau pembelokan. Sehingga cahaya tersebut menghasilkan berbagai macam panjang gelombang yang masing-masingnya muncul seperti warna pelangi. Panjang gelombang tinggi akan ditangkap mata sebagai warna merah, orange, dan kuning. Sebaliknya warna biru, ungu, dan hijau dikenali oeh mata memiliki panjang gelombang yang rendah.

Dari beberapa macam panjang gelombang tersebut, warna yang memiliki panjang gelombang tinggi akan diteruskan lurus sedangkan warna biru, ungu, dan hijau yang mempunyai panjang gelombang rendah akan disebarkan ke segala arah. Sehingga itulah alasan mengapa biru menjadi warna dominan langit, karena warna biru dari cahaya matahari disebarkan ke segala arah.Peristiwa ini disebut dengan Rayleigh scattering.

            Hamburan Rayleigh merupakan hamburan elastis gelombang elektromagnetik (termasuk cahaya) yang disebabkan saat seberkas cahaya melewati partikel dimana panjang gelombang cahaya lebih panjang dari pada panjang gelombang partikel yang dilewatinya. Pada kenyataannya, saat matahari melewati lapisan udara atau atmosfer, panjang molekul-molekul udara seribu kali lebih kecil dari pada panjang gelombang cahaya matahari itu sendiri.

Biru merupakan hamburan warna terkuat atau setidaknya empat kali lebih kuat daripada hamburan warna-warna lainnya. Langit yang tampak biru tak lain merupakan hasil dari hamburan gelombang cahaya matahari yang didominasi oleh hamburan gelombang cahaya warna biru.
Saat malam pun juga demikian. Warna biru yang muncul saat bulan purnama atau saat bulan menyinari bumi adalah sebagai akibat dari terhamburnya cahaya matahari oleh molekul udara yang kemudian warna langit didominasi oleh warna biru.
DSH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel Evermore by Cecillia Wang

"Byun Baekhyun - Kim Taeyeon"